Minggu, 30 Juni 2013

SISTEM INFORMASI DATA DOKTER DAN PASIEN DI KLINIK PERMATA BUNDA MEDAN MENGGUNAKAN VB.NET 2008

SISTEM INFORMASI DATA DOKTER DAN PASIEN DI KLINIK PERMATA BUNDA MEDAN 

Bagian.1

Tampilan Menu utama


Listing Program Dari Menu Utama

Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

    End Sub

    Private Sub KeluarToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KeluarToolStripMenuItem.Click
       End
     End Sub

    Private Sub DataDokterToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataDokterToolStripMenuItem.Click
        dokter.Show()
    End Sub

    Private Sub DataPasienToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataPasienToolStripMenuItem.Click
        pasien.Show()
    End Sub

    Private Sub DataRuanganToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataRuanganToolStripMenuItem.Click
        ruangan.Show()
    End Sub

    Private Sub DataPenyakitToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataPenyakitToolStripMenuItem.Click
        penyakit.Show()
    End Sub

    Private Sub LaporanDataDokterToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LaporanDataDokterToolStripMenuItem.Click
   Dim laporan As CrystalReport
    cetak.crv.ReportSource = laporan
    cetak.show()

    End Sub

   
   
    Private Sub DataLengkapPasienToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataLengkapPasienToolStripMenuItem.Click
        DataLengkapPasien.Show()
    End Sub
End Class



Listing Program Menu
Imports System.Data.OleDb
Module Module1
    Public DB As OleDbConnection
    Public CMD As OleDbCommand
    Public ADP As OleDbDataAdapter
    Public DR As OleDbDataReader
    Public DS As New DataSet
    Public SQL As String

    Public Sub Opendb()
        Dim LOKASI = "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source =F:\tgs1\tugas.mdb"
        DB = New OleDbConnection(LOKASI)
        If DB.State = ConnectionState.Closed Then
            DB.Open()
        End If
    End Sub

    Sub Tampilrecord(ByVal NamaTabel As String, ByVal obj As DataGridView)
        ADP = New OleDbDataAdapter("select*from " & NamaTabel, DB)
        DS = New DataSet
        ADP.Fill(DS, NamaTabel)
        obj.DataSource = DS.Tables(NamaTabel)

    End Sub

    Sub clearform(ByVal frm As Form)

        Dim ctrl As Control
        Dim txtcontrol As TextBox
        Dim cmbcontrol As ComboBox
        For Each ctrl In frm.Controls

            If TypeOf ctrl Is TextBox Then
                txtcontrol = ctrl
                txtcontrol.Text = ""
            ElseIf TypeOf ctrl Is ComboBox Then
                cmbcontrol = ctrl
                cmbcontrol.text = ""

            End If
        Next


    End Sub


End Module
 




Tampilan Data Dokter


Listing Program Dari Data Dokter


Imports System.Data.OleDb
Public Class dokter
    Dim SQL As String
    Sub buttonbaru()
        BARU.Enabled = True
        SIMPAN.Enabled = True
        EDIT.Enabled = False
        HAPUS.Enabled = False
        BATAL.Enabled = False
        KELUAR.Enabled = True
    End Sub

    Sub buttonedit()
        BARU.Enabled = False
        SIMPAN.Enabled = False
        EDIT.Enabled = True
        HAPUS.Enabled = True
        BATAL.Enabled = True
        KELUAR.Enabled = False
    End Sub

    Sub buttonsimpan()
        BARU.Enabled = False
        SIMPAN.Enabled = True
        EDIT.Enabled = False
        HAPUS.Enabled = False
        BATAL.Enabled = True
        KELUAR.Enabled = False
    End Sub


    Sub HapusText()
        Call clearform(Me)
        Call buttonbaru()
    End Sub
    Private Sub dokter_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        JKEL.Items.Add("pria")
        JKEL.Items.Add("wanita")
        Call Opendb()
        Call HapusText()
        Call Tampilrecord("dokter", DataGridView1)
    End Sub

    Private Sub KODE_keypress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles KODE.KeyPress
        Dim Tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        Dim xkode As String
        If Tombol = 13 Then
            SQL = "SELECT *FROM dokter where kode='" & KODE.Text & "'"
            CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
            DR = CMD.ExecuteReader
            DR.Read()

            If DR.HasRows = True Then
                NAMA.Text = DR.Item(1)
                ALAMAT.Text = DR.Item(2)
                JKEL.Text = DR.Item(3)
                TELPON.Text = DR.Item(4)
                SPESIALIS.Text = DR.Item(5)
                Call buttonedit()
                MsgBox("Data Berhasil Ditemukan...! ")
            Else
                xkode = KODE.Text
                Call HapusText()
                KODE.Text = xkode
                Call buttonsimpan()
            End If
            NAMA.Focus()
        End If

    End Sub
    Sub prosesDB(ByVal aktivitas As Byte)
        Select Case aktivitas
            Case 0
                SQL = "INSERT INTO dokter(kode, Nama, alamat, Jkel, telpon, spesialis) " & _
                     " values('" & KODE.Text & "','" & _
                                    NAMA.Text & "','" & _
                                    ALAMAT.Text & "','" & _
                                    JKEL.Text & "','" & _
                                    TELPON.Text & "','" & _
                                    SPESIALIS.Text & "')"
            Case 1
                SQL = "UPDATE dokter SET Nama='" & NAMA.Text & "'," & _
                           " alamat='" & ALAMAT.Text & "'," & _
                           "jkel='" & JKEL.Text & "'," & _
                           "telpon='" & TELPON.Text & "'," & _
                           " spesialis='" & SPESIALIS.Text & "' " & _
                           " Where kode='" & KODE.Text & "'"
            Case 2
                SQL = "DELETE *FROM dokter Where kode='" & KODE.Text & "'"


        End Select
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call HapusText()
        Call Tampilrecord("dokter", DataGridView1)
    End Sub

    Private Sub BARU_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BARU.Click
        Call HapusText()
        KODE.Focus()
    End Sub

    Private Sub SIMPAN_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles SIMPAN.Click
        Call prosesDB(0)
    End Sub

    Private Sub EDIT_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles EDIT.Click
        Call prosesDB(1)
    End Sub

    Private Sub HAPUS_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles HAPUS.Click
        Call prosesDB(2)
    End Sub

    Private Sub BATAL_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BATAL.Click
        Call HapusText()
        KODE.Focus()
    End Sub

    Private Sub KELUAR_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KELUAR.Click
        Me.Close()
    End Sub
End Class



Tampilan Data Pasien




Listing Program Dari Data Pasien


Imports System.Data.OleDb
Public Class pasien
    Dim SQL As String
    Sub buttonbaru()
        BARU.Enabled = True
        SIMPAN.Enabled = True
        EDIT.Enabled = False
        HAPUS.Enabled = False
        BATAL.Enabled = False
        KELUAR.Enabled = True
    End Sub

    Sub buttonedit()
        BARU.Enabled = False
        SIMPAN.Enabled = False
        EDIT.Enabled = True
        HAPUS.Enabled = True
        BATAL.Enabled = True
        KELUAR.Enabled = False
    End Sub

    Sub buttonsimpan()
        BARU.Enabled = False
        SIMPAN.Enabled = True
        EDIT.Enabled = False
        HAPUS.Enabled = False
        BATAL.Enabled = True
        KELUAR.Enabled = False
    End Sub


    Sub HapusText()
        Call clearform(Me)
        Call buttonbaru()
    End Sub
    Private Sub pasien_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        JKEL.Items.Add("pria")
        JKEL.Items.Add("wanita")
        GOLDAR.Items.Add("A")
        GOLDAR.Items.Add("B")
        GOLDAR.Items.Add("AB")
        GOLDAR.Items.Add("O")
        Call Opendb()
        Call HapusText()
        Call Tampilrecord("pasien", DataGridView1)
    End Sub

    Private Sub KODE_keypress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles KODE.KeyPress
        Dim Tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        Dim xkode As String
        If Tombol = 13 Then
            SQL = "SELECT *FROM pasien where kode='" & KODE.Text & "'"
            CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
            DR = CMD.ExecuteReader
            DR.Read()

            If DR.HasRows = True Then
                NAMA.Text = DR.Item(1)
                JKEL.Text = DR.Item(2)
                GOLDAR.Text = DR.Item(3)
                UMUR.Text = DR.Item(4)
                STATUS.Text = DR.Item(5)
                TEMLA.Text = DR.Item(6)
                ALAMAT.Text = DR.Item(7)
                PEKERJAAN.Text = DR.Item(8)
                TELPON.Text = DR.Item(9)
                Call buttonedit()
                MsgBox("Data Berhasil Ditemukan...! ")
            Else
                xkode = KODE.Text
                Call HapusText()
                KODE.Text = xkode
                Call buttonsimpan()
            End If
            NAMA.Focus()
        End If
    End Sub
    Sub prosesDB(ByVal aktivitas As Byte)
        Select Case aktivitas
            Case 0
                SQL = "INSERT INTO pasien(kode, Nama, Jkel, goldar, umur, status, temla, alamat, pekerjaan, telpon ) " & _
                     " values('" & KODE.Text & "','" & _
                                    NAMA.Text & "','" & _
                                    JKEL.Text & "','" & _
                                    GOLDAR.Text & "','" & _
                                    UMUR.Text & "','" & _
                                    STATUS.Text & "','" & _
                                    TEMLA.Text & "','" & _
                                    ALAMAT.Text & "','" & _
                                    PEKERJAAN.Text & "','" & _
                                    TELPON.Text & "')"
            Case 1
                SQL = "UPDATE pasien SET Nama='" & NAMA.Text & "'," & _
                           " jkel='" & JKEL.Text & "'," & _
                           "goldar='" & GOLDAR.Text & "'," & _
                           "umur='" & UMUR.Text & "'," & _
                           " status='" & STATUS.Text & "'," & _
                           " temla='" & TEMLA.Text & "'," & _
                           "alamat='" & ALAMAT.Text & "'," & _
                           "pekerjaan='" & PEKERJAAN.Text & "'," & _
                           " telpon='" & TELPON.Text & "' " & _
                           " Where kode='" & KODE.Text & "'"
            Case 2
                SQL = "DELETE *FROM pasien Where kode='" & KODE.Text & "'"


        End Select
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call HapusText()
        Call Tampilrecord("pasien", DataGridView1)
    End Sub

    Private Sub BARU_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BARU.Click
        Call HapusText()
        KODE.Focus()
    End Sub

    Private Sub SIMPAN_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles SIMPAN.Click
        Call prosesDB(0)
    End Sub

    Private Sub EDIT_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles EDIT.Click
        Call prosesDB(1)
    End Sub

    Private Sub HAPUS_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles HAPUS.Click
        Call prosesDB(2)
    End Sub

    Private Sub BATAL_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BATAL.Click
        Call HapusText()
        KODE.Focus()
    End Sub

    Private Sub KELUAR_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KELUAR.Click
        Me.Close()
    End Sub
End Class


Tidak ada komentar:

Posting Komentar