Sabtu, 06 April 2013

cara membuat website dengan mudah

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk belajar pemrograman web untuk membuat website. Hal dasar yang anda dapat lakukan diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pelajari HTML dan CSS
    Ini merupakan satu hal wajib yang harus dimengerti oleh seorang web developer. Dasar dari pemrograman web yang harus dikuasai seorang web developer. HTML sebagai aturan bahasa informasi dibaca oleh browser dan diperlihatkan kepada user. dan CSS sebagai bahasa aturan yang mengatur layout dari informasi dari komponen HTML, dari mulai warna, huruf, susunan komponen satu dengan yang lain.
  2. Pelajari Javascript
    Agar terlihat lebih segar dan dinamis ditambahkan bahasa pemrograman client script berupa javascript. Javascript inilah yang bertindak di client sebagai pengatur agar setiap interaksi yang diberikan oleh user tidak selalu terhubung ke server. Dan javascript ini juga yang membuat tampilan lebih menarik selain third party program seperti flash, silverlight,dll.
  3. Pelajari bahasa pemrograman di sisi server
    Untuk mempelajari pemrograman web harus dipilih salah satu platform teknologi dulu yang harus anda tentukan. Ada banyak bahasa pemrograman dengan berbagai variasi teknologi contohnya :
    1. PHP
      PHP ini merupakan bahasa pemrograman yang sering dipakai di berbagai macam website populer sekarang ini. PHP bahasa bersifat open dan universal dengan menggunakan  Web Server Apache. Database yang bisa digunakan dalam bahasa ini juga bisa bermacam – macam misalnya Oracle, MySQL, MS SQL Server, PostgreSQL ataupun SQLite
    2. ASP
      ASP merupakan produk komersil dari microsoft dimana bahasa pemrograman ini menggunakan teknologi ASP.NET bahasa yang bisa dipakai yaitu bahasa C# ataupun VB.NET. Web server yang digunakan tentu saja menggunakan IIS Server.  Database yang bisa disupport juga bisa bermacam – macam seperti PHP. Tetapi dari segi infrastruktur untuk mendevelop web dengan menggunakan ASP rata – rata memerlukan resource komputer yang lebih tinggi.
    3. JSP
      Selain PHP dan ASP di teknologi java juga tidak mau ketinggalan tentang web programming. JSP menggunakan  bahasa java sebagai bahasa pemrogramannya. Teknologi ini bersifat Open dan banyak resource yang bisa dipakai diluar. databasenya pun juga bisa support berbagai macam database. Web Servernya menggunakan Tomcat, Glashfish
  4. Pelajari SQL Database
    Pemahaman tentang bahasa SQL Query juga sangat diperlukan untuk pengambilan data di sisi server. Dengan mempelajari berbagai macam SQL query anda dapat mendevelop di berbagai macam lini teknologi Database.
  5. Pelajari konsep pemrograman di web aplikasi
    Pemrograman di aplikasi web memang berbeda dengan di desktop. Berbagai hal seperti konsep URL, variable di aplikasi web semuanya berkonsep client server.
  6. Pelajari Web Design
    Satu hal lagi yang wajib untuk menjadi seorang developer professional yaitu pengetahuan tentang web design. Web yang banyak fitur tetapi design juga kurang diminati akan menjadi berkurang nilainya. Inilah yang menantang dari seorang web developer anda dituntut untuk mengerti bahasa pemrograman dan juga web design.
Nah itulah hal – hal yang harus diketahui oleh seorang yang ingin menjadi programmer web tentang cara membuat website. Anda juga bisa membuat website dengan memanfaatkan berbagai macam CMS seperit pada posting ini tanpa tahu pemprograman website.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar