Jumat, 05 April 2013

mari kita belajar phpmyadmin

Sebelum kita mulai belajar phpmyadmin sebaiknya kita mengenal dan memahami dulu apa itu phpmyadmin. phpmyadmin adalah sebuah aplikasi untuk mengelola database sebuah website. Aplikasi ini bersifat gratis atau opensource,  artinya tidak akan dipungut bayaran bagi siapa saja yang menggunakannya. Mengelola sebuah database tanpa aplikasi  tentu saja bukan hal yang sepele, tanpa aplikasi pendukung kita akan kerepotan walaupun hanya sekedar membuat table database. Dengan menggunakan aplikasi phpmyadmin maka membuat tabel, menghapus tabel, atau bahkan memfilter semua isi database terasa mudah untuk di lakukan. Aplikasi phpmyadmin dapat di download dari situs resminya http://www.phpmyadmin.net. Namun perlu di ingat untuk menginstal phpmyadmin anda diwajibkan memiliki aplikasi webserver baik online atau offline. Jika anda tidak mau repot, anda bisa menginstal xampp sebagai aplikasi server local dengan aplikasi phpmyadmin yang sudah ter integrasi didalamnya.

 Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi phpmyadmin

  • Tampilan antar muka web
  • Mendukung mysql terbaru
  • dapat melakukan browse tabel, hapus tabel, mengosongkan isi tabel, membuat tabel, mengubah nama, menyalin tabel ke tabel lain, menghapus isi tabel sesuai pilihan, dan banyak lagi
  • Import data csv dan sql
  • export data ke berbagai database format, seperti : CSV, SQL, XML, PDF, ISO / IEC 26300 – Teks OpenDocument dan Spreadsheet, Word, LATEX dan lain-lain.
  • Menggunakan berbagai queri sql dengan mudah.

Cara Akses phpmyadmin melalui hosting hosgator

  • Login ke cpanel anda
  • Dalam cpanel anda bisa menemukan bagian phpmyadmin dan silahkan di klik untuk masuk ke aplikasi
cara akses phpmyadmin
Kemudian anda akan masuk dalam halaman baru dengan tampilan seperti dibawah ini
belajar phpmyadmin
Nah didalam halaman inilah kita bisa membuat tabel-tabel baru atau mengimport database kita untuk sebuah halaman web. memulai belajar phpmyadmin tidaklah sulit, kita hanya diperlukan sedikit memahami alur proses kerja sebuah phpmyadmin. Sebelum kita melakukan pekerjaan dalam phpmyadmin, tentunya kita harus lebih dahulu memiliki database sql. Anda bisa membuat database sql pada halaman  cpanel di menu tepat di sebelah menu phpmyadmin atau menu mysql database. Ketika anda telah sukses membuat database sql melalui menu mysql database, anda akan memiliki database dengan nama yang anda buat, langsung berikut dengan tabel dan schema databasenya. Mudah bukan.

Contoh Perintah Sql query

Jika anda pengguna wordpress dan pernah membuat sebuah amazon stores dengan menggunakan plugin wpzonbuilder. tentu anda anda pernah mendapatkan situasi dimana beberapa post tidak memiliki gambar atau memiliki harga too low to display. Anda bisa menghapus semua data post dengan kriteria diatas dengan menggunakan perintah sql seperti dibawah ini
DELETE wp_posts
FROM wp_posts
INNER JOIN wp_postmeta ON wp_postmeta.post_id = wp_posts.ID
WHERE (wp_postmeta.meta_key = ‘amzn_LowestNewPrice’ AND wp_postmeta.meta_value=’Too low to display’);
Ada banyak perintah sql query yang bisa kita terapkan pada phpymyadmin untuk mengelola database kita. Tutorial Belajar phpmyadmin kali ini hanya memberikan pemahaman apa itu phpmyadmin dan bagaimana cara mengaksesnya. Lebih lanjut di tutorial berikutnya kita akan mengupas lengkap mengenai mysql database dan phpmyadmin dalam kaitannya dalam membuat sebuah website baik itu di hosting gratis ataupu di hosting berbayar.

 http://subladu.com/blog/2012/12/19/belajar-phpmyadmin-untuk-pemula/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar