Sabtu, 15 September 2012

SOFTWARE DAN MANFAAT YANG ADA

     Software atau sebagian orang mengenalnya  yaitu perangkat lunak merupakan sesuatu yang hanya bisa kita rasakan kehadirannya ataupun manfaatnya tanpa kita bisa memegangnya, tapi kita bisa mengoperasikannya. Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free.
Software (perangkat lunak) merupakan sekumpulan program komputer yang berguna untuk menjalankan dan menunjang suatu pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Suatu program biasanya ditulis atau dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus yang bisa didefinisikan oleh komputer. Secara garis besar software terdiri dari beberapa jenis, diantaranya sistem operasi, program utility, program aplikasi, program paket, dan bahasa pemrograman.
Banyak manfaat yang bisa kita peroleh, seperti program aplikasi bisa membantu kita dalam pengerjaan tugas-tugas kuliah contohnya adalah mapinfo, global mapper, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ataupun bisa memberikan kita hiburan dikala kita membutuhkan suatu hiburan seperti winamp, Jet audio, permainan (games), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kata kunci: software(perangkat lunak), software berbayar, software gratis, jenis software berdasarkan fungsi.






Pendahuluan

Selain untuk memenuhi dan menunaikan tanggung jawab kami sebagai mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknologi Informasi untuk menyelesaikan tugas kelompok kami yang kami beri judul “Sofware dan Manfaat yang Ada”, pada tugas tulisan kami ini kami mencoba membatasi bahasan kami hanya secara umum nya saja, seperti tentang apa software itu sendiri?, apa saja jenis-jenis software yang ada?
Dalam pengerjaan kali ini kami mengambil data-data/teori-teori yang berasal dari Internet atau dalam kaitannya dengan metode yaitu metode kaji pustaka, tanpa melakukan pengamatan ataupun penelitian. Oleh karena hal teresbut sebelumnya kami ucapkan lewat kalimat yang tercetak yaitu mohon maaf dan terimakasih sebelumnya kepada pihak-pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas tulisan kami ini, serta tak lupa kepada orang tua yang merupakan seponsor utama yang selalu memberikan dananya demi kelancaran aktivitas perkuliahan.
 Pembahasan

a.        Software (perangkat lunak)
Software (perangkat lunak) merupakan sekumpulan program komputer yang berguna untuk menjalankan dan menunjang suatu pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan kita, atau data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Suatu program yang biasanya ditulis atau dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus yang bisa didefinisikan oleh komputer. Pengertian secara bahasanya Software komputer merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Oleh karena hal itu  Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
 b.        Software Berdasarkan Cara Mendapatkannya
Menurut cara memperolehnya (baca : harga beli dan legalitas), software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.
1.      Freeware.
Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. Maksudnya, meskipun kita menggunakan freeware tersebut kita tidak boleh melanggar hak cipta atas software tersebut, misalnya penggandaan untuk orang lain atau menggunakan software tersebut untuk kepentingan lain.
Biasanya freeware didistribusikan tanpa disertai dengan kode program yang bersangkutan. Lalu jika kita tidak perlu membayar, apa tujuan si pembuat freeware? Tujuan yang jelas adalah untuk promosi. Baik itu promosi diri sendiri (untuk programmer perorangan) ataupun promosi produk (untuk developer kelas kakap). Tujuan lain yang mungkin adalah untuk mendapatkan masukan dari pengguna dan ada pula (walaupun jarang ditemui) yang bertujuan untuk membobol sistem seseorang. Beberapa contoh freeware adalah Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner, dan masih banyak lagi.
2.      Shareware.
Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software tersebut sebelum dibeli oleh pengguna. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
3.      Propietary software.
Perangkat lunak milik perorangan (bahasa Inggris: proprietary software) – kadang disebut perangkat lunak berbayar, perangkat lunak proprieter atau perangkat lunak berpemilik adalah perangkat lunak dengan pembatasan terhadap penggunaan, penyalinan, dan modifikasi yang diterapkan oleh proprietor atau pemegang hak. Pembatasan-pembatasan ini dapat dilakukan secara teknis maupun hukum, atau pun keduanya. Cara teknis dilakukan misalnya dengan memberikan berkas biner terbaca-mesin kepada pengguna dan menyimpan kode sumber terbaca-manusia. Cara hukum dapat melalui lisensi perangkat lunak, hak cipta, dan hukum paten.
Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik program. contohnya Microsoft Windows, Corel Draw, Adobe Photoshop.
4.      Open source software.
Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source software memberikan kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah. Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa bermanfaat bagi para pengguna. Beberapa contoh open source software misalnya Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lagi.

c.         Jenis-Jenis Software

Seperti sudah di jelaskan sebelumnya yaitu Software (perangkat lunak) merupakan sekumpulan program komputer yang berguna untuk menjalankan dan menunjang suatu pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Suatu program biasanya ditulis atau dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus yang bisa didefinisikan oleh komputer. Secara garis besar software terdiri dari beberapa jenis, diantaranya sistem operasi, program utility, program aplikasi, program paket, dan bahasa pemrograman.
1.      Sistem Operasi
Jika suatu organisasi tanpa adanya susunan kepengurusan, maka sudah bisa dipastikan organisasi itu tidak bisa berdiri dengan baik, begitu juga jika sebuah komputer tanpa adanya sistem operasi, maka komputer tersebut tidak dapat difungsikan sama sekali. Secara garis besar, sistem operasi merupakan ‘otak’ pada komputer yang memiliki kemampuan untuk mengaktifkan perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi.

Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka. Waktu-berbagi jadwal tugas sistem operasi untuk penggunaan yang efisien dari sistem dan juga dapat mencakup akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan sumber daya lainnya. Sistem operasi singkatnya mempunyai fungsi mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi.
Sistem operasi yang terdapat pada komputer terdiri dari DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows. Untuk saat ini penggunaan sistem operasi masih didominasi oleh Windows yang dikeluarkan oleh Microsoft.
2.      Program Utility dan Aplikasi
Program utility berfungsi untuk membantu mengisi kekurangan atau kelemahan dari sistem operasi dan memudahkan pengguna untuk melakukan akses secara cepat terhadap program yang sudah disediakan oleh sistem operasi. Kita ambil contoh misalnya saja program Tuneup Utility, dengan program ini kita bisa mengatasi beberapa permasalahan kecil yang diakibatkan oleh rutinitas kita menggunakan komputer. Selain itu dengan mudah kita juga bisa melakukan optimasi terhadap sistem operasi. Program utility yang dikenal seperti Tuneup Utility, Everest, Anti Virus, Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dan masih banyak lagi.
Program aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya.
Program aplikasi seperti GL, MYOB, Payroll dan lainnya merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan yang dikaitkan dengan database karyawan perusahaan tersebut. Program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja, tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Departemen lain akan menggunakan program jenis ini juga tapi untuk jenis penggunaan yang berbeda. Program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan atau kebutuhan untuk seseorang, lembaga atau perusahaan.
3.      Program Paket
Sementara itu program paket seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, CorelDraw Macromedia Studio, dan masih banyak lagi adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang sesuai dengan berbagai kepentingan. Sebagai contoh, Adobe Photoshop digunakan untuk editing foto dan gambar, sedangkan CorelDraw digunakan untuk menggambar dan desain grafis. Manfaat dari program paket misalnya perangkat lunak aplikasi pengolah kata fungsinya untuk mengolah data dalam bentuk teks. Manfaat dari program paket misalnya perangkat lunak aplikasi berupa angka fungsinya untuk mengolah data berupa angka. Manfaat dari program paket misalnya perangkat lunak aplikasi berupa data fungsinya untuk membuat database. Manfaat dari program paket misalnya perangkat lunak aplikasi pengolah grafis fungsinya untuk mengolah objek sehingga memiliki tampilan yang lebih bagus dan menarik. Manfaat dari program paket misalnya perangkat lunak aplikasi media fungsinya untuk mengolah data sehingga menjadi hiburan. Manfaat dari program paket misalnya perangkat lunak aplikasi pengolah internet fungsinya untuk browsing internet.
4.      Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman seperti PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dan C++ merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket, program aplikasi, dan lain sebagainya.
Bahasa pemrograman ini dibagi menjadi tiga tingkatan besar, yaitu:
  • Bahasa pemrograman tingkat dasar Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
  • Bahasa pemrograman tingkat menengah Bahasa pemrograman dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti STO (artinya simpan = STORE) dan MOV (artinya pindah = MOVE). Yang tergolong ke dalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
  • Bahasa pemrograman tingkat atas Merupakan bahasa yang mempunyai ciri mudah dimengerti, sebab menggunakan bahasa sehari-hari. Contohnya seperti Basic, dBase, Visual Basic, VB.Net, dan lain-lain.
Kesimpulan
Software dan Manfaat
Berdasarkan pengertian serta yang jenis-jenis software telah di jelaskan yang dimana software merupakan bagian yang tidak dapat di pisahkan dari suatu sistem kerja komputer. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh, seperti program aplikasi bisa membantu kita dalam pengerjaan tugas-tugas kuliah contohnya adalah mapinfo, global mapper, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ataupun bisa memberikan kita hiburan dikala kita membutuhkan suatu hiburan seperti winamp, Jet audio, permainan (games), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Daftar Pustaka
http://thefuturisticlovers.wordpress.com/tag/proprietary-software/
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/
http://alabik.com/pengertian-software-komputer.html
http://artikelterbaru.com/teknologi/komputer/jenis-jenis-software-secara-garis-besar-20111231.html
http://ilmukita57.wordpress.com/2011/12/11/jenis-jenis-software-berdasarkan-fungsinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar