Minggu, 23 September 2012

Tutorial Pemrograman Java, Memasukan gambar kedalam Frame program

Saat masih baru-baru belajar pemograman Java, saya merasa kesusahan ketika ingin memasukan gambar kedalam frame(form), beberapa cara klasik saya coba, seperti mengkopi gambar yang ada dalam folder kemudian mempastekan kedalam form sudah dicoba tetapi tidak bisa, saya mengira bahwa memasukan gambar kedalam form diperlukan rentetan skrip, itu membuat saya gentar dalam mempelajari pemograman Java, saya ingin sekali pindah belajar VB karena dalam VB sangat mudah dalam memasukan gambar, sampai suatu hari didalam ruang sejuk ber AC saya memperhatikan waktu paket sewa warnet yang mau habis dan sebuah skrip yang berguna dalam memasukan gambar kedalam frame(form). Setelah skrip tersebut dipelajari sekarang saya akan memberitahu bagaimana caranya memasukan gambar kedalam Frame program, silahkan disimak artikel dibawah ini

Buka netbeans Anda lalu buat proyek baru dan buat sebuah class, class ini nantinya akan digunakan untuk menampikan frame yang didalamnya terdapat gambar
Kemudian salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal lalu pelajari penjelasan skripnya
------------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------------


package pelajaranjava;

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;



public class AlasGambar extends Frame{

Toolkit ambilGambar=getToolkit();

AlasGambar(){

super("Gambar Souljaboy");

addWindowListener(JE);

setSize(500,260);

setVisible(true);

}

public void paint(Graphics Gambar){

Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");

Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);

}

JendelaEvent JE = new JendelaEvent();

public class JendelaEvent extends WindowAdapter{

public void windowClosing(WindowEvent wc){

dispose();

System.exit(1);
}
}

}
-------------------------------------------------------------------
Penjelasan Skrip
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
__________________________
Mengimport class yang diperlukan
public class AlasGambar extends Frame{

Toolkit ambilGambar=getToolkit();

AlasGambar(){

super("Gambar Souljaboy");

addWindowListener(JE);

setSize(500,260);

setVisible(true);

}
___________________________________________
Kelas AlasGambar menampilkan frame
membuat objek ambilGambar dari kelas Toolkit yang berfungsi untuk mengambil gambar dari alamat yang diketikan
membuat title program bernama "Gambar Souljaboy"
menambahkan window listener yang akan memproses program ketika User mengolah jendela program
membuat program mempunyai lebar 500 dan tinggi 260
membuat program menampakan dirinya
public void paint(Graphics Gambar){

Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");

Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);

}
_____________________
Membuat void paint dengan parameter berupa objek Gambar dari kelas Graphics
membuat objek img dari kelas Image, img mengambil gambar dari objek ambilGambar yang mengambil gambar Souljaboy dengan tipe gambar JPG yang beralamat pada direktori C
Objek Gambar mulai menggambar img pada kordinat x 150m kordinat y 50, lebar gambar 200 dan tinggi gambar 200, observernya adalah this
JendelaEvent JE = new JendelaEvent();

public class JendelaEvent extends WindowAdapter{

public void windowClosing(WindowEvent wc){

dispose();

System.exit(1);
}
}
____________________________________________
Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent
Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter
Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti
Pada kelas Main salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal


package pelajaranjava;


public class Main {


public static void main(String[] args) {
AlasGambar ag = new AlasGambar();

}

}
___________________________________
Skrip diatas akan membuat objek ag dari kelas AlasGambar, jika Anda menggunakan kelas selain kelas AlasGambar untuk memasukan gambar kedalam frame maka Anda harus mengganti AlasGambar dengan nama kelas yang Anda gunakan tersebut.


Tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan program seperti berikut ini





....

.::Read more::.

Tutorial Pemrograman Java, Membuat Objek Kotak

Pada postingan ini saya akan memberikan tutorial java grafis, kita akan membuat sebuah Frame dan menggambar Kotak didalamnya
Sebelum mulai marilah kita berdoa
kemudian lakukan import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
Buka Netbeans Anda kemudian buat proyek baru dan kemudian buat class baru
Kemudian salin kode dibawah ini yang diberi cetak tebal kemudian pelajari penjelasan skripnya
--------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------

package pelajaranjava;

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

public class ObjekKotak extends Frame{

ObjekKotak(){

super("Menggambar Objek Kotak");

addWindowListener(JE);

setSize(310,150);

setVisible(true);

}
public void paint(Graphics Gambar){

Gambar.setColor(Color.RED);

Gambar.drawRect(50, 50, 70, 70);

Gambar.fillRect(200, 50, 70, 70);

}

JendelaEvent JE = new JendelaEvent();

public class JendelaEvent extends WindowAdapter{

public void windowClosing(WindowEvent wc){

dispose();

System.exit(1);
}
}

}
-----------------------------------------------------------





Penjelasan Skrip
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
_________________________
Melakukan import class yang dibutuhkan
extends Frame
_______________________________
Inisialisasi Frame pada kelas ObjekKotak
super("Menggambar Objek Kotak");

addWindowListener(JE);

setSize(310,150);

setVisible(true);
_______________________________________
Membuat title program

Menambahkan WindowListener berupa objek JE dari kelas JendelaEvent yang mengimplementasikan WindowAdapter

Membuat program mempunyai lebar 310 dan tinggi 150

Membuat program bisa terlihat(Visible)




public void paint(Graphics Gambar){

Gambar.setColor(Color.RED);
Gambar.drawRect(50, 50, 70, 70);

Gambar.fillRect(200, 50, 70, 70);

}
________________________________________
Membuat viod paint berupa parameter objek Gambar dari kelas Grafis

Objek Gambar yang merupakan anak dari kelas Grafis mengatur warrnanya berupa warna merah

Objek Gambar menggambar Kotak pada kordinat x 50, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70

Objek Gambar menggambar Kotak pada kordinat x 200, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70 dan memiliki warna yang sudah diatur sebelumnya



JendelaEvent JE = new JendelaEvent();

public class JendelaEvent extends WindowAdapter{

public void windowClosing(WindowEvent wc){

dispose();

System.exit(1);
}
}
____________________________________________
Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent

Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter

Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti
Kemudian pada class Main salin kode dibawah ini yang dicetak tebal

----------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^-----------
package pelajaranjava;


public class Main {


public static void main(String[] args) {

ObjekKotak ok = new ObjekKotak();

}

}
_____________________________________
Pada skrip diatas akan menciptakan objek ol dari kelas ObjekKotak, jika Anda membuat kelas dengan nama lain maka Anda harus mengganti nama ObjekKotak dengan nama kelas yang Anda buat, sedangkan nama objek terserah,
tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan seperti ini






....

.::Read more::.

Tutorial Pemrograman Java, Membuat Objek Lingkaran

Pada postingan ini saya akan memberikan tutorial java grafis, kita akan membuat sebuah Frame dan menggambar Lingkaran didalamnya
Sebelum mulai marilah kita berdoa
kemudian lakukan import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
Buka Netbeans Anda kemudian buat proyek baru dan kemudian buat class baru
Kemudian salin kode dibawah ini yang diberi cetak tebal kemudian pelajari penjelasan skripnya
--------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^----------

package pelajaranjava;

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

public class ObjekLingkaran extends Frame{

ObjekLingkaran(){

super("Menggambar Objek Lingkaran");

addWindowListener(JE);

setSize(310,150);

setVisible(true);

}
public void paint(Graphics Gambar){

Gambar.setColor(Color.RED);

Gambar.drawOval(50, 50, 70, 70);

Gambar.fillOval(200, 50, 70, 70);

}

JendelaEvent JE = new JendelaEvent();

public class JendelaEvent extends WindowAdapter{

public void windowClosing(WindowEvent wc){

dispose();

System.exit(1);
}
}

}
-----------------------------------------------------------
Penjelasan Skrip
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
_________________________
Melakukan import class yang dibutuhkan
extends Frame
_______________________________
Inisialisasi Frame pada kelas ObjekLingkaran
super("Menggambar Objek Lingkaran");

addWindowListener(JE);

setSize(310,150);

setVisible(true);
_______________________________________
Membuat title program

Menambahkan WindowListener berupa objek JE dari kelas JendelaEvent yang mengimplementasikan WindowAdapter

Membuat program mempunyai lebar 310 dan tinggi 150

Membuat program bisa terlihat(Visible)



public void paint(Graphics Gambar){

Gambar.setColor(Color.RED);

Gambar.drawOval(50, 50, 70, 70);

Gambar.fillOval(200, 50, 70, 70);

}
________________________________________
Membuat viod paint berupa parameter objek Gambar dari kelas Grafis

Objek Gambar yang merupakan anak dari kelas Grafis mengatur warrnanya berupa warna merah

Objek Gambar menggambar lingkaran pada kordinat x 50, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70

Objek Gambar menggambar lingkaran pada kordinat x 200, kordinat y 50, lebar 70 dan tinggi 70 dan memiliki warna yang sudah diatur sebelumnya


JendelaEvent JE = new JendelaEvent();

public class JendelaEvent extends WindowAdapter{

public void windowClosing(WindowEvent wc){

dispose();

System.exit(1);
}
}
____________________________________________
Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent

Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter

Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti
Kemudian pada class Main salin kode dibawah ini yang dicetak tebal

----------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^-----------
package pelajaranjava;


public class Main {


public static void main(String[] args) {

ObjekLingkaran ol = new ObjekLingkaran();

}

}
_____________________________________
Pada skrip diatas akan menciptakan objek ol dari kelas ObjekLingkaran, jika Anda membuat kelas dengan nama lain maka Anda harus mengganti nama ObjekLingkaran dengan nama kelas yang Anda buat, sedangkan nama objek terserah,

tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan seperti ini





....

.::Read more::.

Applications

....


.::Read more::.

Tutorial Pemrograman Java, Operasi Matematika

>> Sabtu, 20 Juni 2009

Dalam matematika kita pasti mengenal operasi tambah,kurang kali dan bagi. Java juga bisa melakukan operasi perhitungan seperti operasi tambah,kurang kali dan bagi. Dalam artikel ini akan diberikan skrip yang melakukan operasi tambah,kurang kali dan bagi
Rumus-rumus operasi perhitungan dengan tipe data berupa Integer
Operasi Tambah : Integer a + Integer b
Operasi Kurang : Integer a - Integer b
Operasi Kali: Integer a * Integer b
Operasi Bagi: Integer a / Integer b
Silahkan pelajari skrip dibawah ini

-----------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^-------------
package pelajaranjava;
import java.net.*;


public class OperasiMatematik {
public static void main(String[] args) {
Integer angkaPertama = 5;
Integer angkaKedua = 5;
Integer hasilTambah = angkaPertama + angkaKedua;
Integer hasilKurang = angkaPertama - angkaKedua;
Integer hasilKali = angkaPertama * angkaKedua;
Integer hasilBagi = angkaPertama / angkaKedua;
System.out.println("Hasil dari 5 ditambah dengan 5 adalah"+hasilTambah);
System.out.println("Hasil dari 5 dikurang dengan 5 adalah"+hasilKurang);
System.out.println("Hasil dari 5 dikali dengan 5 adalah"+hasilKali);
System.out.println("Hasil dari 5 dibagi dengan 5 adalah"+hasilBagi);
}
}

----------------------------------------------------------------------------------
....

.::Read more::.

Tutorial Pemrograman Java, Query

Apa itu query? perhatikan URL dibawah ini
http://domainku.web.id/kirimdata.php?nama=dinda&email=aku@yahoo.com&situs=aku.blogspot.com
nama=dinda&email=aku@yahoo.com&situs=aku.blogspot.com adalah sebuah query
secara praktek pengalaman penulis, query dalam URL adalah variabel beserta isi dari variabel yang dikirimkan kepada URL, perhatikan lagi contoh query diatas, query diatas memiliki variabel nama yang berisi dinda, variabel email yang berisi aku@yahoo.com dan variabel situs yang berisi aku.blogspot.com
artikel ini lebih ditujukan bagi yang pernah memprogram situs dengan PHP
dengan salah satu method dari URL kita bisa mengambil data query yang dikirimkan ke suatu situs dengan method
getQuery();
Skrip berikut menunjukan cara untuk mengambil query yang dikirimkan ke URL http://www.domainsaya.com/tambahData.php

------------^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^--------------
package pelajaranjava;
import java.net.*;


public class AmbilQuery{
public static void main(String[] args) {
try{
URL url = new URL("http://www.domainsaya.com/tambahData.php?nama=anhar&umur=15");
String protokol = url.getQuery();
System.out.println(protokol);
}catch(Exception ue){

}

}
}

---------------------------------------------------

Penjelasan skrip

Skrip diatas akan menghasilkan nama=anhar&umur=15

....

.::Read more::.

Tutorial Pemrograman Java, Mengambil port dari URL

Port adalah 16-bit nomor yang mengenal layanan yang ditawarkan oleh server jaringan, setiap layanan mempunyai port, jika Anda ingin mengakses layanan tersebut maka harus tersambung pada port yang sesuai, port yang mempunyai layanan tertentu disebut port standar, contoh: protokol http mempunyai port 80(80 port standar), semua layanan mempunyai nomor port dibawah 1024, sedangkan nomor port diatas 1024 adalah port custom yang biasa kita pakai ketika ingin membuat server, karena itu ketika membuat server sebaiknya menggunakan port diatas 1024
Pada artikel ini akan diberikan skrip yang bisa membantu Anda mendapatkan nomor port pada URL tertentu, untuk mengambil port pertama kita membuat objek dari kelas URL,kemudian dibuat variabel yang menampung nilai port dari url yang diberikan, kemudian digunakan salah satu method URL untuk menampilkan port yaitu getPort(); port adalah nomor Integer sehingga ditampung oleh variabel dengan tipe data Integer, kemudian nomor tersebut dikeluarkan ke konsol seperti yang di kerjakan oleh skrip dibawah ini


--------^^^^^^^^^^^^^^^^^^------------------
package pelajaranjava;
import java.net.*;


public class AmbilPort {
public static void main(String[] args) {
try{
URL url = new URL("http://www.yahoo.com");
Integer protokol = url.getPort();
System.out.println(protokol);
}catch(Exception ue){

Tidak ada komentar:

Posting Komentar